Pustawan UNG mengikuti kepelatihan di makassar

UNG mengirim 2 orang pustakawan untuk mengikuti Pelatihan Tenaga Kependidikan
Dalam rangka memudahkan dan mempercepat akses informasi ilmiah, transparansi akuntabilitas perguruan tinggi terhadap publik, sarana komunikasi ilmiah dan meningkatkan sitasi karya ilmiah yang dihasilkan sivitas akademika maka Dirjen Dikti Menerbitkan Edaran No. 2050/E/T/2011 Tentang Kebujakan Unggah Karya Ilmiah dan jurnal yang mewajibkan seluruh mahasiswa dan Dosen mengunggah karya di portal yang dapat diakses oleh umum, salah satunya melalui portal Garuda (Garba Rujukan Digital).
Untuk itulah Pihak Direktorat Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Dirjen DIKTI Kementerian Dikbud RI menyelenggarakan pelatihan tenaga kependidikan bidang perpustakaan tingkat manajer.
Tujuan diselenggarakan pelatihan ini untuk memberikan bekal pada pustakawan tentang cara mengumpulkan dokumen sampai dengan memberikan akses kepada publik atas dokumen yang diperoleh untuk ditampilkan pada repositori institusi..
Pengelolaan Repositori Institusi diselenggarakan dibeberapa tempat, jadwal kegiatan pelaksanaan pelatihan serentak diseluruh Indonesia. Salah satu lokasi di Makasar yang bertempat Di Hotel Aston Makasar pada Tanggal 2 – 5 Oktober 2013 yang diikuti oleh seluruh perguruan tinggi Se Indonesia Timur, dan dihadiri oleh 50 peserta termasuk 2 orang peserta dari Universitas Negeri Gorontalo yakni Hermanto Yusuf, Ssos, dengan Dede Yuliatian,AMd
Pengelolan Repositori Institusi adalah pengelolaan repositori institusi yang harus berbasis teknologi informasi atau yang lazim disebut repositori digital atau elektronik (digital repository/electronic repository). Jenis repositori institusi adalah : skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitan sivitas akademika. Pengelolaan ini biasanya dibebankan pada pustakawan sehingga kemampuan, pengetahuan dan keahlian pustakawan dapat dimaksimalkan untuk melayani pengguna perpustakaan.
Direktur Perpustakaan Dr. Arifin Tahir,MSi berharap kiranya ilmu yang mereka peroleh dalam pelatihan ini bisa dikembangkan di perpustakaan UNG, mengingat perpustakaan UNG masih dalam taraf pembenahan terkait dengan masalah-masalah IT. (Arta 2013)

Penelitian
Karya Ilmiah