PROGRAM TAHUN BUKU JADI SOLUSI

Tahun 2014 Sebagai tahun buku , sangat erat kaitannya dengan upaya mendorong para dosen untuk menulis buku. Dan program ini, menurut direktur Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Dr.Arifin Tahir,M.Si, JUga relevan dengan kenyataaan, dimana masi sangat minim dosen dalam menghasilkan karta-karya, yang tertuang dalam media buku. Menurutnya, kurang dari 30 persen dosen yang menulis buku. Semnetara di UNG sendiri, ada sekitar 700 lebih dosen.
“Program Tahun Buku ini, jelas akan berimplikasi secara positif bagi bangkitnya minat menulis para dosen. Karena memang sejauh ini, baru beberapa dosen saja yang menulis buku. Kurang dari 30 persen. Tapi saya yakin, dengan adanya program Tahun Buku yang akan bergulir pada selang 2014 nanti, prosentase dosen yang menulis buku akan lebih meningkat, “Kata Arifin.
Dan demi seksenya program ini kata Arifin, Perpustakaan Pusat UNG juga akan turut member kontribusi melalui berbagai kegiatan. “Sebelumnya, Perpustakaan sudah menggelar Pelatihan Penulisan Buku. Dan kegiatan kegiatan ini penting. Selain itu, Perpustakaan juga akan ambil bagian dalam turut mensosialisasikan program Tahun 2014 sebagai Tahun Buku melalui berbagai media publikasi, ”Kata Arifin.
Baik kegiatan sosialisasi maupun pelatihan, menurut Arifin, sangatlah penting dalam rangka membangkitkan semangat para dosen untuk menulis buku. “Tentang penuliskan buku ini, juga sudah beberapa penerbit yang menyatakan kesiapannya un tuk menerbitkan buku-buku yang akan di tulis para dosen di UNG ini. Makanya baik sosialisasi dan pelatihan penulisan buku, akan kita gelar, “Ungkapnya. (ARTA)

Penelitian
Karya Ilmiah