Pembangunan Perpustakaan Desa berbasis Inklusi Sosial dengan Tema" Pemanfaatan Sumber Daya Alam untuk Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi bagi Masyarakat Desa Piloliyanga"

UPA Perpustakaan UNG dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Boalemo melaksanakan kegiatan perpustakaan desa berbasis inklusi sosial dengan tema "Pemanfaatan Sumber Daya Alam untuk Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi bagi Masyarakat Desa Piloliyanga”. Kegiatan ini dilaksakan pada hari Rabu 24 April 2024 dimulai pada pukul 08.30 WITA, bertempatan di Aula Kantor Desa Piloliyanga Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. 

Memanfaatkan sumber daya alam yang ada di desa tersebut sebagai fokus utama, perpustakaan bisa menjadi pusat informasi dan pembelajaran yang memungkinkan penduduk desa untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan baru terkait ekonomi lokal. Pemaparan materi pertama oleh Ibu Dr. Heldy Vanny Alam, S.Pd., M.Pd, menyampaikan tentang manajemen pengolahan sumberdaya dan potens desa uituk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa piloliyanga, Beliau melakukan pendampingan pembuatan kripik pisang coklat bersama masyarakat untuk memberdayakan ekonomi lokal dan meningkatkan keterampilan warga desa dalam pengolahan sumber daya alam.

Pemaparan materi kedua bleh Bapak Dr. Ismet Sulila, SE., M.Si, tentang Peran UPA Perpustakaan UNG dalag mengembangkan Perpustakaan desa Barbasis Inklusi sosial di Kabupaten Boalemo. 

Pemaparan materi ketiga oleh Ibu Yusri Ismail,S.Pd.M.Pd, tentang identifikasi dan pemanfaatan potensi desa Piloliyanga untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat dengan memanfaatkan perpustakaan desa sebagai sumber belajar.

Dengan dukungan dari Universitas Negeri Gorontalo, perpustakaan desa di Kabupaten Boalemo dapat menjadi pusat penting dalam mempromosikan inklusi sosial, meningkatkan literasi, dan memperkuat jaringan komunitas. Semoga kegiatanni berhasil memberikan manfaat yang besar bagi penduduk desa dan memperkaya kehidupan budaya dan pendidikan di wilayah.

Kegiatan ini menunjang IKU 3 Dosen Berkegiatan di Luar Kampus, sehingga aktivitas dosen tidak hanya di dalam kampus sendiri. Melainkan juga di luar kampus seperti mencari pengalaman industri sekaligus mengajar di kampus lain.