Pemanfaatan Sumberdaya Alam Untuk Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi bagi Masyarakat Desa Balayo

Menindaklanjuti kerjasama antara Universitas Negeri Gorontalo dengan Pemerintah Kabupaten Pohuwato, UPA Perpustakaan UNG dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pohuwato melaksanakan kegiatan perpustakaan desa berbasis inklusi sosial dengan tema “Pemanfaatan Sumberdaya Alam Untuk Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi bagi Masyarakat Desa Balayo” Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 30 April 2024
Pukul 08.30 wita- selesai, bertempatqn di Aula Kantor Desa Balayo Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato.

Melibatkan masyarakat lokal dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya alam merupakan fokus utama perpustakaan untuk memberikan akses langsung terhadap manfaat ekonomi yang dihasilkan. Pendekatan yang holistik dan berkelanjutan, kegiatan ini memiliki potensi besar untuk memberdayakan masyarakat Desa Balayo secara ekonomi sambil mempromosikan keberlanjutan lingkungan dan inklusi sosial.

Bapak Dr. Ismet Sulila, SE., M.Si selaku kepala UPA perpustakaan UNG menyampaikan tentang “Peran UPA Perpustakaan UNG dalam mengembangkan Perpustakaan desa berbasis inklusi sosial di Kabupaten Pohuwato” Dengan peran yang proaktif dan inklusif dari UPA Perpustakaan UNG, melakukan perancangan dan mengembangkan program-program perpustakaan yang memperhatikan kebutuhan dan keberagaman masyarakat. Pengembangan perpustakaan desa berbasis inklusi sosial di Kabupaten Pohuwato dapat menjadi salah satu instrumen penting dalam meningkatkan kualitas hidup dan pemberdayaan masyarakat secara keseluruhan.

Ibu Yusri Ismail, S.Pd, M.Pd memaparkan materi terkait “Identifikasi dan pemanfaatan potensi Desa Balayo untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan perpustakaan desa sebagai sumber belajar”. Berbagai sumber daya yang tersedia di Desa Balayo, termasuk sumber daya manusia, sumber daya alam, dan aset budaya. Ini dapat mencakup keahlian lokal, potensi pertanian, pariwisata, kerajinan lokal, dll. Menyoroti pentingnya perpustakaan desa sebagai pusat pembelajaran dan pengetahuan, dengan memanfaatkan perpustakaan desa masyarakat Desa Balayo dapat mengakses sumber daya yang bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan dan dilanjutkan dengan demo membuat kripik pisang coklat peserta undangan sangat antosias ddengan demo tersebut dikarenakan membuat kripik coklat tesebut sangat mudah dan bahan bakunya sangat banyak Desa Balayo Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato.

Pelaksanaan Kegiatan ini menunjang IKU 3 Dosen Berkegiatan di Luar Kampus, Dosen terlibat langsung dalam pelatihan dan lokakarya di perpustakaan desa sebagai bagian dari kegiatan pengembangan keterampilan dan pengetahuan masyarakat, serta menjadi narasumber atau pembicara dalam kegiatan ini.