Pemanfaatan Sumberdaya Laut Untuk Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi bagi Masyarakat Desa Bajo

Menindaklanjuti kerjasama antara Universitas Negeri Gorontalo dengan Pemerintah Kabupaten Bualemo , UPA Perpustakaan UNG dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Boalemo melaksanakan kegiatan perpustakaan desa berbasis inklusi sosial dengan tema “Pemanfaatan Sumberdaya Daya Laut Sebagai Bahan Olahan Dalam Meningkatkan Kesejahtraan Masyarakat Desa Bajo Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo” Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at 3 Mei 2024 pada Pukul 08.30 wita- selesai, bertempat di Aula Kantor Desa Bajo, Kabupaten Boalemo.

Melibatkan masyarakat lokal dalam pengelolaan dan Pemanfaatan Sumberdaya Daya Laut Sebagai Bahan Olahan merupakan fokus utama perpustakaan untuk memberikan akses langsung terhadap manfaat ekonomi yang dihasilkan. Pendekatan yang holistik dan berkelanjutan, kegiatan ini memiliki potensi besar untuk memberdayakan masyarakat Desa Bajo secara ekonomi sambil mempromosikan keberlanjutan lingkungan dan inklusi sosial.

Pemaparan Materi Pertama Oleh Bapak Dr. Ismet Sulila, SE., M.Si selaku kepala UPA perpustakaan UNG menyampaikan tentang “Peran UPA Perpustakaan UNG dalam mengembangkan Perpustakaan desa berbasis inklusi sosial di Kabupaten Boalemo” Dengan peran yang proaktif dan inklusif dari UPA Perpustakaan UNG, melakukan perancangan dan mengembangkan program-program perpustakaan yang memperhatikan kebutuhan dan keberagaman masyarakat. Pengembangan perpustakaan desa berbasis inklusi sosial di Kabupaten Boalemo dapat menjadi salah satu instrumen penting dalam meningkatkan kualitas hidup dan pemberdayaan masyarakat secara keseluruhan.

Pemaparan Materi Ke Dua Oleh Ibu Sartika dewi Usman,ST.,MT “Pedoman praktis pembangunan rumah sederharna tahan gempa bagi masyarakat Desa bajo yang umumnya berdekatan dengan Pantai.

Pemateri ke tiga Ibu Yusri Ismail, S.Pd, M.Pd memaparkan materi terkait “Identifikasi dan pemanfaatan potensi Desa Bajo untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan perpustakaan desa sebagai sumber belajar”. Berbagai sumber daya laut yang tersedia di Desa Bajo, termasuk sumber daya manusia, sumber daya alam, dan aset budaya. Ini dapat mencakup keahlian lokal, potensi pertanian, kelautan,pariwisata, kerajinan lokal, dll. Menyoroti pentingnya perpustakaan desa sebagai pusat pembelajaran dan pengetahuan, dengan memanfaatkan perpustakaan desa masyarakat Desa Bajo dapat mengakses sumber daya Laut yang bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.Terakhir pemateri memberikan demo untuk pemanfaatan sumber daya laut sebagai tambahan penghasilan bagi masyarakat Bajo dengan cara mengolah Ikan Bandeng menjadi ikan bandeng presto yang mempunyai daya jual yang ekonomis.

Pelaksanaan Kegiatan ini menunjang IKU 3 Dosen Berkegiatan di Luar Kampus, Dosen terlibat langsung dalam pelatihan dan lokakarya di perpustakaan desa sebagai bagian dari kegiatan pengembangan keterampilan dan pengetahuan masyarakat, serta menjadi narasumber atau pembicara dalam kegiatan ini.