Workshop “Bimbingan Teknis Pengisian PAK Integrasi bagi Jabatan Fungsional Pustakawan” di Universitas Negeri Gorontalo

Gorontalo, Rabu 19 Juni 2024 – Perpustakaan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar workshop bertajuk “Bimbingan Teknis Pengisian PAK Integrasi bagi Jabatan Fungsional Pustakawan”. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para pustakawan dalam pengisian Penilaian Angka Kredit (PAK) secara terintegrasi.

Workshop yang diselenggarakan di aula perpustakaan lantai 4 UNG. Kegiatan ini dihadiri oleh pustakawan dari berbagai instansi. Para peserta mendapatkan bimbingan langsung dari para ahli di bidang pustakawan. Pembicara utama dalam Kegiatan ini adalah Bapak Yudho Widiatmono, S.Kom, Ketua Kelompok Kerja bidang Pembinaan karir dan Sosialisasi Jabatan Fungsional Pustakawan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. 

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Gorontalo, Prof. Dr. Abdul Hafidz Olii, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan pentingnya acara ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas pustakawan. “Dengan adanya bimbingan teknis ini, diharapkan para pustakawan dapat lebih memahami dan terampil dalam menyusun serta mengisi PAK secara tepat dan akurat. Hal ini juga mendukung pengembangan perpustakaan yang lebih baik dan berdaya saing,” ujarnya.

Selain itu, Dr. Ismet Sulila, SE., M.Si Kepala UPA Perpustakaan UNG dalam sesinya menekankan pentingnya integrasi dalam pengisian PAK. “Pentingnya Percepatan Fungsional Pustakawan Dalam Mendorong Tata Kelola Perpustakaan Perguruan Tinggi”.Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, peran pustakawan juga semakin berkembang dan menuntut peningkatan kompetensi yang berkelanjutan.

Percepatan fungsional pustakawan bukan sekadar upaya untuk memenuhi syarat administrasi, tetapi merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan.

Ibu Noverita Pakaya, A.Md, selaku pemateri juga menyampaikan mengenai “Penetapan Angka Kredit Integrasi Jabatan Fungsional Sesuai Peraturan BKN No.03 tahun 2023”.Salah satu fokus utama dari peraturan BKN No. 03 tahun 2023 ini adalah integrasi berbagai jabatan fungsional agar penetapan angka kredit dapat dilakukan secara lebih efisien dan merata. Ini bertujuan untuk menciptakan keselarasan dan kesetaraan dalam penilaian kinerja pegawai.

Workshop ini tidak hanya diisi dengan sesi ceramah, tetapi juga sesi praktikum di mana para peserta diajak langsung untuk mempraktikkan pengisian PAK dengan bimbingan dari para instruktur. Peserta juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan bertanya langsung mengenai berbagai kendala yang mereka hadapi dalam proses pengisian PAK. Workshop ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang baik untuk meningkatkan profesionalitas pustakawan di seluruh Indonesia, khususnya dalam hal pengisian PAK, dengan demikian perpustakaan di Indonesia dapat terus berkembang dan memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.


https://pojok6.id/ung-gelar-workshop-pengisian-pak-integrasi-bagi-jabatan-fungsional-pustakawan/