Skripsi Digital
Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam Menyelesaikan Soal Cerita di Kelas VII SMP Negeri 2 Limboto
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Limboto pada materi operasi hitung bilangan bulat dalam menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Limboto. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik pengambilan Purposive Sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Data penelitian ini diperoleh dari tes kesulitan belajar siswa dalam bentuk tes essay. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata presentase kesulitan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Limboto pada materi operasi hitung bilangan bulat dalam menyelesaikan soal cerita menurut indikator kesulitan belajar yaitu untuk indikator kesulitan belajar fakta diperoleh 47 % siswa yang mengalami kesulitan yang berarti tingkat kesulitan siswa pada indikator fakta masih tergolong sedang. Untuk indikator kesulitan belajar konsep diperoleh 57,33 % siswa yang mengalami kesulitan, yang berarti tingkat kesulitan siswa pada indikator konsep masih tergolong sedang. Untuk indikator kesulitan belajar prinsip diperoleh 96,65 % siswa yang mengalami kesulitan, yang berarti tingkat kesulitan siswa pada indikator prinsip tergolong sangat tinggi. Untuk indikator kesulitan belajar operasi diperoleh 26,90 % siswa yang mengalami kesulitan, yang berarti tingkat kesulitan pada indikator operasi masih tergolong rendah. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kesulitan siswa tergolong sedang jika dilihat dari keempat indikator tersebut
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain