SKRIPSI
Identifikasi Hirarki Kognitif Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Pinogaluman Pada Materi Proyeksi Peta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan hirarki kognitif siswa pada materi proyeksi peta berdasarkan ranah kogntif memahami (C2), menerapkan (C3), menganalisis (C4), me nilai (C5) dan mencipta (C6). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri I Pinogaluman pada siswa kelas XII IPS berjumlah 44 siswa yang tersebar dalam dua kelas. Data penelitian ini diperoleh dari hasil evaluasi yang diberikan kepada siswa dengan menggunakan instrumen tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deksriptif kuantitatif, yaitu analisis yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan hirarki kognitif siswa berdasarkan aspek ranah kognitif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perolehan kemampuan hirarki kognitif memahami (C2) sebesar 54.54 %, hirarki kognitif menerapkan (C3) sebesar 88.64 %, hirarki kognitif menganalisis (C4) sebesar 0 %, hirarki kognitif menilai (C5) sebesar 0 % dan hirarki kognitif mencipta (C6) sebesar 0 %, sehingga diperoleh persentase rata-rata hirarki kognitif siswa pada materi proyeksi peta sebesar 28.66 %. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa secara keseluruhan rata-rata kemampuan hirarki kognitif siswa pada materi proyeksi peta tergolong sangat rendah.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain