Skripsi Digital
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BINGO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS IV SDN 3 BONE RAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran BINGO di SDN 3 Bone Raya guna mengatasi masalah kurangnya motivasi belajar siswa dan minimnya penggunaan media pembelajaran di kelas. Proses pengembangan media pembelajaran BINGO menggunakan model pengembangan ADDIE yeng terdiri dari lima tahap: Analisis (analysis), perancangan (desain), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Namun penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap implementasi karena keterbatasan waktu yang dimiliki oleh peneliti. Hasil validasi dari para ahli dan pengguna menunjukan bahwa media BINGO memperoleh nilai rata-rata 87,5% yang dinyatakan (sangat layak) digunakan oleh guru dan siswa di sekolah dasar dan hasil uji coba penggunaan media BINGO menunjukan skor 93,15% yang juga dinyatakan (sangat layak). Dengan demikian, penelitian ini berhasil menunjukan bahwa media pembelaja BINGO yang dikembangkan dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 3 Bone Raya dan memberikan alternatif media pembelajaran yang menarik dan interaktif.
PGSD 2024 4 | PGSD 2024 4 | My Library (UPA Perpustakaan UNG) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain