Skripsi Digital
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN READING BOX TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SDN 4 ANGGREK
Rumusan Masalah dalam penelitian dengan pengembangan ini adalah bagaimana Pengembangan Media Pembelajaran Reading Box dalam pembelajaran disekolah dasar. Penelitian ini dilatari kurangnya motivasi belajar siswa dan juga kurangnya penggunaan media pembelajaran di dalam kelas. Adapun penggunaan media Reading box menggunakan metode pembelajaran Gamifikasi agar menciptakan pembelajaran yang menarik dan mampu membuat suasana kelas tidak terlalu tegang.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE yaitu yaitu Analyze, Design, Development, implementation, dan evaluation. Namun penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap Development. Hasil penelitian menunjukan bahwa Media pembelajaran reading box memperoleh hasil rekapitulasi nilai rata-rata presentase 91,7% dan dinyatakan sangat layak digunakan di Sekolah Dasar. Hal ini menandakan bahwa media pembelajaran reading box diyakini dapat menumbuhkan motivasi belajar dan pemahaman siswa terutama berkaitan dengan pembelajaran Pancasila Dasar Negaraku, Kemudian untuk hasil uji coba penggunaan media Reading box Pancasila Dasar Negaraku di Kelas II SDN 4 Anggrek memperoleh nilai 90% (sangat layak)
PGSD 2024 5 | PGSD 2024 5 | My Library (UPA Perpustakaan UNG) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain