Skripsi Digital
PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 4 GORONTALO
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Peran guru dalam meningkatkan minat belajar sejarah di SMA Negeri 4 Gorontalo berbeda-beda. Dalam proses belajar mengajar, guru di SMA Negeri 4 Gorontalo tidak menggunakan model pembelajaran yang sama karena guru di sekolah tersebut harus menyesuaikan dengan kurikulum dan kebutuhan serta materi yang akan diajarkan kepada siswa. Adapun hal yang dapat mempangaruhi minat belajar siswa menurun yaitu adanya faktor eksternal, dimana ada beberapa orang siswa yang pergi ke sekolah tidak membawa pulpen ataupun buku tulis. Selain itu ada pengaruh dari pergaulan atau dari teman seperti ajakan untuk bermain di jam belajar itu semua termasuk hal yang dapat menurunkan minat belajar, akibat dari itu pikiran
siswapun jadi terganggu dan tidak semangat lagi untuk belajar. Dari permasalah diatas guru dapat menanggulangi dengan melalui cara pendeketakan terhadap siswa yang mempunyai masalah minat belajarnya menurun kemudian merangkulnya kembali agar bisa aktif lagi dalam belajar, dan guru juga mengaitkan BK agar dapat saling membantu dalam mengajak siswa untuk bisa kembali belajar dengan baik seperti biasnya, dalam hal ini guru sejarah yang ada di SMA Negeri 4 Gorontalo memiliki peran sebagai penasehat bagi para siswa
FIS 2024 4 | FIS 2024 4 | My Library (UPA Perpustakaan UNG) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain