Skripsi Digital
STRATEGI EXPERIENTIAL UNTUK PEMBELAJARAN PENERAPAN POLA LANTAI TARI PADUPPA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BOLANO LAMBUNU KABUPATEN PARIGI MOUTONG
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang mencoba menerapkan sebuah metode baru dalam pembelajaran seni tari tradisional secara sistematis, faktual dan akurat. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi pembelajaran yaitu strategi experiential pada siswa kelas 8 dengan materi penerapan pola lantai yang dapat mengembangkan kemampuan belajar siswa melalui pengalaman yang meraka dapatkan. Dalam strategi pembelajaran experiential terdapat empat tahap pelaksanaan terdiri dari pengalaman konkret, observasi dan refleksi, konseptualisasi,dan experimen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui proses bservasi,wawancara, dan dokumentasi yang nantinya akan disajikan dalam bentuk gambaran penelitian. Pelaksanaan pembelajaran ini dilaksanaan dalam waktu 2 bulan atau sebanyak 8 kali pertemuan. Adapun sampel yang peneliti gunakan ialah kelas VIII SMP Negeri 2 Bolano Lambunu yang berjumlah 20 siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini bisa dikatakan berhasil. Pembelajaran penerapan pola lantai tari paduppa dengan menggunakan strategi experiential membuat siswa belajar lebih kreatif dari pengalaman yang mereka dapatkan dengan belajar diluar kelas dan lingkung hidup sekitar siswa. Dari pengalaman tersebut siswa lebih giat dan rajin belajar dari sebelum belajar menggunkan strategi experiential.
FSB 2024 1 | FSB 2024 1 | My Library (UPA Perpustakaan UNG) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain