Skripsi Digital
ANALISIS TES BUATAN GURU BERBASIS HIGH ORDER THINGKING SKILL (HOTS) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA NEGERI 7 GORONTALO
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas tes buatan guru pada materi keanekaragaman hayati berdasarkan High Order Thingking Skill (HOTS). Kriteria dari hasil analisis yang telah dilakukan menujukkan valid atau sudah sesuai dengan apa yang dianalisis. Jenis penelitian ini yaitu penelitian evaluatif yang dilakukan secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan instrument lembar analisis soal yang sesuai dengan aturan Kata Kerja Operasional (KKO) yang mengklasifikasikan level kognitif menjadi 6 indikator yaitu C1 (Mengingat), C2 (Memahami), C3 (Mengaplikasi), C4 (Menganalisis), C5 (Mengevaluasi), dan C6 (Mencipta). Hasilnya menemukan bahwa soal-soal tersebut memuat 3 level kognitif yaitu LOTS, MOTS dan HOTS. Pada tahun ajaran 2021/2022 ditemukan 30% soal HOTS, 25% soal MOTS dan 45% soal LOTS. Tahun ajaran 2022/2023 terdapat 100% soal HOTS, sedangkan pada tahun ajaran 2023/2024 ditemukan 62,5% soal HOTS, 25% soal MOTS dan 12,5% soal LOTS. Adapun hasil validasi dari lembar angket hasil analisis didapatkan masing-masing persentase 83,3% dan 94,4% (sangat baik).
FMIPA 2024 1 | FMIPA 2024 1 | My Library (UPA Perpustakaan UNG) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain