Skripsi Digital
PENGHAYATAN DAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI LITERASI AL-QURAN STUDI KASUS SISWA KELAS 4 MIM UNGGULAN KOTA GORONTALO
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan dan menganalisis peghayatan dan pemahaman nilai-nilai Pancasila elalui literasi Al-Quran pada siswa kelas 4 di Mim Unggulan Kota Gorontalo. Dengan literasi al-quran adalah salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman dan pengahayatan dalam pembelajaran PKn. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskrptif kualitatif dengan prosedur wawancara, dan dokumentasi. Empat tahap ini ditempuh pada rentang waktu April 2024-Mei 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi Al-Quran, yang mencakup pembiasaan membaca, menghafal, dan memahami makna ayat-ayat Al-Quran, memiliki peran penting dalam meningkatkan penghayatan dan pemahaman nilai-nilai Pancasila pada siswa kelas 4. Siswa mengungkapkan bahwa pembiasaan literasi Al-Quran di sekolah membantu mereka untuk lebih menghayati dan mengamalkan nilai-nilai ancasila, seperti ketakwaan, keadilan, persatuan, dan musyawarah, dalam kehidupan sehari-hari
FIP 2024 10 | FIP 2024 10 | My Library (UPA Perpustakaan UNG) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain