Skripsi Digital
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PASANGAN (KAPAS) PADA MUATAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 3 KABILA BONE
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “apakah melalui media pembelajaran kartu pasangan (kapas) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan bahasa indonesia di kelas IV SDN 03 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango”?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa melalui media pembelajaran kartu pasangan (kapas) pada muatan bahasa indonesia kelas IV SDN 03 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 03 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Hasil observasi awal menunjukan dari 26 siswa secara keseluruhan terdapat 11 siswa tuntas atau 42?n yang tidak tuntas berjumlah 15 siswa atau 58%. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan pertama dengan jumlah 26 siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa atau 46?n 14 siswa yang tidak tuntas atau 46%. Kemudian pada siklus I pertemuan kedua dari 26 siswa yang hadir, sebanyak 17 siswa yang tuntas atau 65?n terdapat 9 siswa yang tidak tuntas atau 35%. Sedangkan siklus II dari 26 siswa terdapat 23 siswa yang tuntas atau 88?n 3 siswa yang tidak tuntas atau 16%. Melihat hasil ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kartu pasangan (kapas) dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada muatan Bahasa Indonesia dan telah melebihi indikator kinerja 80% yang telah peneliti tetapkan sebelumnya.
FIP 2024 11 | FIP 2024 11 | My Library (UPA Perpustakaan UNG) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain