Skripsi Digital
PENGEMBANGAN MODUL AJAR DIGITAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL GORONTALO PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN 4 BONE RAYA
Tujuan penelitian ini untuk mendesain dan menghasilkan produk berupa Modul ajar digital berbasis kearifan lokal Gorontalo yang menarik dan praktis digunakan oleh siswa diSDN 4 Bone Raya guana menanamkanrasa cinta terhadap budaya lokal daerah setempat. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE yaitu yaitu Analysis , Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Namun penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap Development. Penelitian ini dilakukan sampai dengan tahap Implementation. Selanjutnya, tim ahli melakukan untuk menguji kelayakan bahan ajar. Berdasarkan hasil validasi oleh para ahli, desain pengembangan Modul ajar digital berbasis kearifan lokal Gorontalo di Sekolah Dasar Memperoleh hasil rekapitulasi nilai rata-rata persentase 92,75% dan dinyatakan sangat layak digunakan oleh Guru dan siswa di sekolah dasar. Begitu juga dengan respon siswa dan guru terhadap penerapan modul ajar yang mencapai presentase 91.3%. Hal ini menenjukkan bahwa untuk membangun ekosisten pembelajaran yang konstekstual dapat dilakukan melalui penerapan modul ajar digital berbasis kearifan lokal.
FIP 2024 12 | FIP 2024 12 | My Library (UPA PERPUSTAKAAN UNG) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain