Skripsi Digital
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI PADA MUATAN PPKn KELAS IV SDN 4 BONE RAYA
Penelitian Tindakan Kelas ini didasari atas pengalaman peneliti dan guru kelas IV mengenai kurangnya hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn, karena disebabkan oleh kurang efektifnya model pembelajaran dan bantuan media pembelajaran yang digunakan. Untuk itu penelitian ini menggunakan model Project Based Learning (PjBL) yang dikombinasikan dengan media Monopoli. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model (PjBL) dengan bantuan media Monopoli dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan PPKn Kelas IV SDN 4 Bone Raya. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan PPKn kelas IV SDN 4 Bone Raya dengan menggunakan model PjBL berbantuan media Monopoli. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN 4 Bone Raya sebanyak 14 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada observasi awal hasil belajar siswa yang
memenuhi KKM sebanyak 5 orang atau 36% dari jumlah siswa 14 orang. Pada pembelajaran siklus I siswa yang memiliki nilai ketuntasan minimum berjumlah 7 orang atau 54%. Dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 11 orang atau 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model PjBL berbantuan dengan media monopoli dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 4 Bone Raya.
FIP 2024 13 | FIP 2024 13 | My Library (UPA PERPUSTAKAAN UNG) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain