Skripsi Digital
PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH BATUDAA SEMESTER GANJIL
Tujuan dari penelitian ini ialah agar supaya pendidik memiliki pegangan saat membuat soal matematika yang bisa mengukur kemampuan penalaran peserta didik. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan tipe “formative research tessmer“. Penelitian ini terdiri atas; tahap preliminary, tahap self evaluation, tahap formative evaluation (prototyping) yang meliputi expert riviews, one-to-one, dan small group, serta field test (uji coba lapangan). Hasil rata-rata tingkat kesukaran menunjukkan diangka 0,522 dengan kategori sedang, dimana dilihat dari segi tingkat kesukaran instrumen tes ini sudah termasuk tes yang memiliki kualitas baik. Hasil perhitungan CVR dan CVI menunjukan jika instrumen yang dihasilkan sudah valid, dengan nilai 1, dengan tingkat reliabilitas yang tinggi (0,68). Dalam penelitian ini waktu yang digunakan sangat terbatas sehingga apabila peneliti ingin melanjutkan penelitian ini hendaknya disesuaikan dengan kondisi yang ada, sehingga bisa menyesuaikan instrumen yang dibuat dengan alokasi waktu yang sesuai.
FMIPA 2024 7 | FMIPA 2024 7 | My Library (UPA PERPUSTAKAAN UNG) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain